Dalam kalimat paling sederhana, business model adalah cara startup “mencetak” uang agar dapat tetap hidup dan menjalankan misinya.

Ada banyak cara membuat business model. Salah satunya adalah dengan menentukan North Star Metric yang kemudian dijadikan rujukan untuk menciptakan produk-produk pendukung.

North Star Metric (NSM) seringkali dilupakan founder start up pemula. NSM jumlah tindakan/action tertentu yang harus dilakukan konsumen agar startup mendapatkan uang. NSM selalu berorientasi konsumen dan membantu startup untuk memahami sudut pandang konsumen dan memenuhi kebutuhan serta keinginannya.

Contoh NSM adalah “# (jumlah) konsumen kenyang.” Di sini, kita menggunakan ukuran jumlah “konsumen yang kenyang” sebagai acuan dalam business model kita. Artinya, semakin banyak orang yang kenyang karena kita, makin banyak uang yang kita dapatkan.

Print

Untuk memenuhi NSM, kita menciptakan produk. Dalam kasus ini, di mana misi kita adalah untuk mengenyangkan konsumen, produk yang bisa kita buat dan jual antara lain nasi goreng, mie, atau makanan apa pun yang membuat konsumen kenyang. Tidak terbatas di situ, selain menyediakan makanan kita juga bisa membuat service tambahan agar NSM kita bertambah dengaj cepat, misalnya service delivery makanan.

Dalam kasus nyata, NSM Gojek (bila kita menebak) misalnya “# transaksi Go-pay diselesaikan.” Facebook misalnya “# iklan yang ditampilkan.” Semua produk dan sumber daya perusahaan akan digunakan untuk meningkatkan nilai # pada NSM.

Print

Untuk menguji apakah sebuah metrik layak dijadikan NSM, kita hanya perlu menggunakan kalimat ini: “Bila [NSM], maka saya akan mendapatkan uang.”

Contohnya, “Bila konsumen kenyang, makan saya akan mendapatkan uang,” “bila pengantaran diselesaikan, maka saya akan mendapatkan uang”, “bila iklan ditampilkan, maka saya akan mendapatkan uang.”

NSM yang kurang tepat adalah NSM yang berorientasi pada output, bukan pada action. Contohnya, pageview atau user. Kenaikan pada pageview atau user tidak akan serta merta menambah revenue. Alih-alih demikian, yang menaikkan revenue adalah “# iklan dilihat” (CPM) atau “# user klik” (CPC).

Tujuan dari semua start-up berdiri adalah men-START sebuah NSM yang unik di pasar dan UP growth-nya hingga ke titik monopoli.

Iklan